Tuesday, September 19, 2017

8 Tips sukses Menghadapi Job Fair

Loading...

Job Fair atau Career Expo atau sering juga di sebut Bursa kerja adalah sebuah acara atau event yang di selenggarakan khusus di tujukan untuk para pencari kerja. Job Fair ini di ikuti oleh beberapa (puluhan – ratusan) perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja/karyawan di perusahaannya.
Job Fair ini secara umum di selenggarakan atas kerja sama dari beberapa perusahaan dengan Depnaker atau lembaga lain yang bertujuan sama. Job Fair ini sering di adakan di tempat seperti alun – alun, GOR, atau stadion di beberapa kota – kota besar. Untuk kota – kota kecil mungkin juga di adakan Job Fair namun intensitasnya mungkin berbeda dengan kota – kota besar.
berikut ini 8 tips sukses mengahadapi job fair yang harus anda coba.
1. Menggunakan baju profesional
Aturan umum saat melamar pekerjaan adalah berpakaian sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Yang artinya kamu harus mengenakan jas dan dasi atau kemeja polos, atau baju berkerah. Rencanakan pakaian yang akan digunakan menghadiri job fair minimal sehari sebelumnya. Pilih warna yang menonjolkan jiwa profesionalmu dan pastikan itu merupakan bajumu yang terbaik dan nyaman. Jika menggunakan Sneakers dan sandal jepit tentu kamu tidak akan pernah diterima.
2. Mencari tahu informasi perusahaan
Sebelum mengikuti job fair cari tahu perusahaan mana saja yang akan hadir di sana. Cari tahu juga apa produk atau jasa mereka? Siapa pelanggan yang mereka layani? Apa jenis posisi yang ada dalam perusahaan? Keterampilan apa yang mereka cari? Cari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang paling cocok untuk keahlian dan pengalamanmu.
3. Pilih perusahaan pilihanmu
Kamu mungkin tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk berbicara dengan semua orang. Lihatlah catatan-catatan penelitianmu sesuai dengan yang dibahas dipoin sebelumnya dan buatlah keputusan perusahaan mana saja yang akan kamu pilih. Oke saatnya memulai mengunjungi satu persatu pilihanmu dan ada baiknya perusahaan yang benar-benar kamu anggap penting sebaiknya di kunjungi terakhir. Dengan cara ini akan mengurangi kegugupanmu saat menampilkan diri ke perusahaan yang benar-benar penting.
4. Membawa resume-mu
Jangan lupa untuk membawa salinan resume sebanyak mungkin yang dicetak dengan kertas dan tinta berkualitas bagus. Pastikan resume-mu ditargetkan untuk jenis pekerjaan yang kamu cari, berfokus pada prestasi, bukan tanggung jawab, dan tidak lebih dari dua halaman. Beberapa atasan saya berbicara bahwa mereka sering menerima resume yang panjang dengan 5-10 halaman!. Jangan melipat resume-mu atau tempatkan dalam amplop agar tetap rapi!.
5. Kenali tujuan mengikuti job fair
Tujuan utama dari menghadiri job fair adalah untuk mengumpulkan informasi. Apakah mereka mencari karyawan? Apa saja tantangan yang mereka hadapi saat ini? Apa jenis posisi yang ada dalam perusahaan?. Jika saat menghadiri job fair berharapmu adalah untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, kamu mungkin akan kecewa. Jika tujuanmu menghadirinya untuk mengumpulkan informasi, kamu akan selalu mendapatkannya!. Satu kata peringatan, ini bukan waktu atau tempat untuk bertanya, “Apakah kamu akan dibayar?” Atau “Apa manfaat bagimu?” Topik ini sebaiknya dibicarakan ketika tawaran telah dibuat.
6. Jaga sikapmu
Saat memasuki job fair hindari merokok atau mengunyah permen karet. Berikan selalu kesan terbaik untuk mereka dan berjabat tanganlah dengan penuh percaya diri. Tersenyumlah selalu dan lakukan kontak mata. Jangan lupa untuk mematikan ponselmu.
7. Membuat tujuanmu di kenal
Tak jarang banyak yang datang hanya untuk mengumpulkan barang-barang promosi gratis. Perkenalkan dirimu dan apa tujuanmu berada di sana. Ajukan pertanyaan dan catat hal-hal penting yang didapat.
8. Mengumpulkan kartu nama
Meminta kartu nama pada semua orang yang kamu ajak berbicara. Kamu bisa menghubungi dan menjalin relasi dengan mereka setelah acara dan siapa tahu kamu bisa mendapatkan pekerjaan.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Tips sukses Menghadapi Job Fair

1 komentar:

Blogger said...

Do you understand there's a 12 word phrase you can tell your crush... that will induce deep feelings of love and instinctual appeal to you buried within his chest?

That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, admire and care for you with his entire heart...

12 Words That Trigger A Man's Desire Impulse

This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to try harder than ever before to do his best at looking after your relationship.

Matter of fact, fueling this dominant instinct is so essential to achieving the best ever relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

...You will immediately find him open his mind and soul for you in a way he never experienced before and he'll perceive you as the only woman in the world who has ever truly appealed to him.